Tuesday, March 11, 2014

Kerajinan Kapal PINCI Dari Bahan Bambu

 Membuat Kerajinan kapal dari bahan dasar bambu – Bambu merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat suatu kerajinan tangan yang sangat mudah kita dapatkan. Tumbuhan bambu ini memiliki segudang manfaat. Bukan hanya menyejukkan udara, bambu juga mempunyai sistem penyerapan yang sangat baik sehingga mampu meningkatkan kadar air didalam tanah.


 Kerajinan yang berbahan dasar bambu terbilang cukup mudah untuk kita kreasikan, jadi dengan hanya melihat gambar Anda pun bisa untuk mencoba berangan angan untuk tahapan membuatnya, berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan dari bahan dasar bambu :
Kerajinan kapal dari bambu
- bambu
- benang
- Gunakan kain atau fiber dll untuk membuat layar.
Alat kerja yang di butuhkan
- bor
- gergaji
- pisau- paku
- palu

Cara membuat Kerajinan kapal dari bahan bambu

  1. Potong bambu dengan ukuran yang sudah di tetapkan dengan menggunakan alat gergaji.
  2. Kemudian belah bambu menjadi beberapa bagian untuk membuat bodi kapal
  3. Jika bodi kapal sudah jadi sesuai bentuk yang anda inginkan kemudian beri tanda untuk tempat layar atau asesoris lainya
  4. Kemudian gunakan bor untuk membuat lubang yang sudah ditandai sebelumya 
  5. Untuk membuat layar : buatlah tiang penyanggannya terlebih dahulu dengan seruta bambu untuk ukurannya sebesar tusuk sate atau lebih besar lebih baik. 
  6. Kemudian Pasang pada bodi kapal yang sudah di bor ( tetapi alangkah baiknya jangan di paku dulu )
  7. Jika sudah terpasang rangka dari layar kemudian saatnya memotong kain untuk membuat layar , potong sesuai bentuk yang anda inginkan.
  8. Cabut kembali kerangka layar yang terpasang sementara tadi di bodi kapal kemudian rangkai ulang dengan menambah kain layar yang sudah di potong, 
  9. Rangkai menjadi satu antara bodi kapal dengan layar kapal Anda bisa menggunakan paku atau perekat untuk menyatukannya.
  10. Setelah itu lakukan finishing dengan cara Menggosok sampai permukaan halus, atau anda bisa menambahkan sedikit cat atau plitur untuk menambah kesan Sempurna.
  11. Selesai.

No comments:

Post a Comment